Copyright © B A S I R
Design by Dzignine
Rabu, 09 Oktober 2013

ETIKA BISNIS (tugas)

1. Jelaskan hakikat bisnis ?
Jawab :

  • ·        Hakikat bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia (produk atau jasa) yang bermanfaat bagi masyarakat. Seorang pebisnis akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayani secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang. Dari kepuasan masyarakat tersebut si pebisnis akan mendapatkan keuntungan dan pengembangan usahanya.

2. jelaskan karakteristik bisnis ?
Jawab :

  • ·        Karakteristik bisnis itu aktivitas yang diorganisir dan teratur. Bisnis perusahaan yang diatur dengan manajemen, diorganisir dengan adanya suatu struktur organisasi.


3. jelaskan pergeseran paradigm dari pendekatan stockholder ke pendekatan stockholder?

Jawab :

  • ·        Yang dimaksud pergeseran paradigma tersebut adalah terjadi karena kesadaran akan akibat negatif industrialisasi yang semakin meluas, dan sebagian besar mengorbankan sumber daya alam (Noor dalam Asmaranti) dominasi peran capital yang terlalu besar menyebabkan eksploitasi sumber daya alam maupun sumber daya manusia tanpa batas demi mengejar keuntungan financial bagi perusahaan.

4. jelaskan tanggung jawab moral dan sosial bisnis ?
Jawab :

  • ·        Tanggung jawab moral merupakan tindakan yang dijalankan oleh kamauan pribadi yang rasional. Pribadi yang kemampuan akal budinya sudah matang dan dapat berfungsi secara normal. Pribadi itu paham betul akan apa yang telah dilakukannya.
  • ·        Tanggung jawab sosial bisnis merpupakan etika mempengaruhi prilaku pribadi di lingkungan kerja atau suatu usaha bisnis untuk menyeimbangi komitmennya terhadap kelompok dan individu dalam lingkungannya.


5. jelaskan kode etik perusahaan ?
Jawab :
·        Tata cara atau aturan yang menjadi standar kegiatan anggota suatu profesi. Suatu kode etik yang menggambarkan nilai-nilai profesionalisme suatu profesi yang diterjemahkan kedalam standar prilaku anggotanya. Nilai professional paling utama adalah keinginan untuk memberikan pengabdian bagi perusahaan atau masyarakat.
·        Contoh : kode etik yang biasanya berlaku pada perusahaan
1.      Jam masuk kerja 08.00 dan dispensasi keterlambatan hanya 5 menit.
2.      Tidak boleh nge-game di kantor
3.      Harus lapor atasan masing-masing departemen jika ingin keluar kantor
4.      Penggunaan internet hanya untuk urusan kerja.
5.      Setiap karyawan tidak boleh sembarangan membuka file karyawan lain

6. menurut covey sebuah keputusan yang baik adalah yang bisa menyeimbangkan ke-4 kompetesi yaitu : tubuh (PQ), intelektual (IQ), hati (PQ), dan jiwa (SQ). berikan penjelasan apakah anda setuju atau tidak, kemukakan pendapat dan berikan contoh !
Jawab :

  • ·        Setuju, akan tetapi seberapa lama waktu yang disediakan membuat keputusan juga menentukan apakah keputusan yang akan kita ambil harus memenuhi 4 elemen tersebut. Jika waktu yang disediakan cukup panjang. Maka kita dapat memilih keputusan yang usdah memenuhi syarat. Namun jika waktu yang disediakan sangat pendek. Maka keputusan yang kita ambil tidak memenuhi syarat 4 elemen tersebut. Contoh keputusan yang membutuhkan waktu yang panjang.
Contoh : seorang direktur ingin memberhentikan pegawainya. Sebelum direktur tersebut memberhentikan pegawainya maka ada beberapa hal yang harus ia pertimbangkan terlebih dahulu, seperti :
1. apakah keinginan ia memberhentikan pegawainya itu hanya emosi sesaat.
2. apakah keinginan ia memberhentikan pegawainya itu memang karena si pegawai ini tidak sesuai dengan         bidang yang sedang ia kerjakan.
3. apa keputusan yang telah direktur ambil sudah dipikirkan matang-matang. Tentang baik buruknya bagi           perusahaan dan pegawai yang ingin dia berhentikan.


0 comments:

Posting Komentar