Copyright © B A S I R
Design by Dzignine
Rabu, 09 Oktober 2013

Etika bisnis (tugas 1)

         1. Jelaskan pengertian etika, moral dan moralitas ?

  Jawab:

Etika    : ethikos yang berarti ‘timbul dari kebiasaan’ adalah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standard dan penilaian moral.

Moral : mores yang berarti adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik dan menghindari tindakan yang buruk.

Moralitas :      menurut W.Poespoprojo, moralitas adalah kualitas dalam perbuatan manusia yang menunjukan bahwa perbuatan itu benar atau salah, baik atau buruk. Jadi intinya itu moralitas mencakup tentang baik-buruknya perbuatan manusia.

2.     2.  Jelaskan peran dan manfaat etika ?

    Jawab:

Peran etika :   peranan etika untuk mahasiswa biasanya menjadi landasan dalam melakukann kegiatan yang tetap mengacu atau melihat nilai-nilai dan norma-norma, sehingga segala perbuatan dan tingkalh laku kita dapat diterima oleh masyarakat.

Manfaat etika :  manfaat etika itu adalah dimana seseorang mengajak bersikap kritis dan rasional dalam mengambil keputusan secara mengarahkan perkembangan masyarakat menuju suasana yang tertib, teratur, damai dan sejahtera.

3.     3.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan kesadaran moral :

Jawab: yang dimaksud dengan kesadaran moral itu adalah suatu kesadaran dalam hatu yang mengharuskan seseorang untuk mengerjakan atau meninggalkan suatu perbuatan. Mengharuskan perbuatan apabila perbuatan tersebut dinilai sesuai dengan norma yang berlaku dan diterima oleh dirinya sendiri.


4.      4. Jelaskan apa itu etika normatif, deontologi, teleologi, hak asasi, relative, agama dan etika keutamaan ?

    Jawab:

Etika normatif        :  etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola prilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai.

Etika deontologi     : etika yang menekankan kewajiban manusia untuk berbuat dan bertindak secara baik. Sesuatu tindakan itu baik dan tidak dinilai dan dibenarkan berdasarkan akibatnya.

Contoh                    : seorang murid diberi tugas oleh gurunya. Apabila murid tersebut mengerjakannya maka itu dianggap benar. Dan dikatakan salah apabila murid tersebut tidak mengerjakannya.

Etika teleologi        : etika yang mengukur baik buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan yang hendak ia capai atau berdasarkan akibat yang ditimbulkan atas tindakan yang ia lakukan.

Contoh                    : seorang anak mencuri untuk membantu temannya yang sedang sakit. Tindakan ini baik untuk moral kemanusiaan tapi dari segi aspek hokum jelas ini tindakan yang melanggar hukum.

Etika hak asasi        : teori ini merupakan aspek dari teori deontologi, karena berkaitan dengan kewajiban..

Contoh                    : seorang pembantu rumah tangga yang mempunyai hak untuk mendapatkan gaji bulanan setelah ia melakukan kewajibannya mengurus rumah dan sebagainya.

Etika keutamaan    : disposisi watak yang telah diperoleh seseorang dan memungkinkan dia untuk bertingkah laku baik secara moral.

Contoh                    : seorang petani yang bekerja keras dan saat panen dia dapat menikmati hasil jerih payahnya yang baik.

Etika relative          : etika yang dinilai sesuai dengan apa yang dirasakan individu benar atau salah menurut mereka sendiri

Etika agama           : etika yang didasarkan pada penekanan kewajiban dan memahami kebenaran dalam bertindak.



Sumber :
·         Wikipedia
·         zetzu.blogspot.com

·         Edytono.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar